Kerap Diguncang Gempa dan Berita Simpang Siur, Bagaimana Menanggapinya?

Beragam cara ampuh untuk mengatasi dan menanggapi masalah berita simpang siur dan deretan bencana alam seperti gempa yang selalu datang tanpa ada peringatan dini dari pemerintah.

0
166
Kerap Diguncang Gempa dan Berita Simpang Siur
Kerap Diguncang Gempa dan Berita Simpang Siur

abang.ID – Mungkin, kita masih banyak yang mengalami duka akibat adanya kejadian tsunami Selat Sunda Sabtu, 22 Desember 2018 lalu. Dan salah satu yang menghebohkan dari berita duka ini adalah kabar kehilangan musisi tanah air yang menimpa para personil band Seventeen. Bahkan, sang vokalis, Ifan Seventeen yang berhasil selamat juga menyisakan luka kepergian almarhumah istrinya dan almarhum teman-temannya yang tergabung dalam salah satu band kenamaan tanah air tersebut.

Bagaimana tidak, karena kita sangat terkejut dengan tidak adanya atau bahkan bisa dibilang nihil informasi akan adanya kejadian yang menyisakan duka tersebut. Namun, kali ini abang tidak akan menyalahkan siapapun, karena kita semua sedang berduka. Hanya saja, abang ingin berbagi tentang apa yang seharusnya kita lakukan untuk menghadapai dan masalah seperti kejadian tsunami Selat Sunda tersebut.

Abang yakin, kalian pasti tau penyebab tingginya ombak yang menyebabkan tsunami pada sabtu silam diakibatkan oleh aktifitas dari Gunung Anak Kraktau. Gunung yang mengalami erupsi ini memberikan banyak tanda-tanda fisik seperti arah angin yang mempengaruhi pergerakan abu vulkanik, awan panas yang menerjang lautan dan juga keadaaan cuaca yang buruk.

Kenapa Tidak Ada Peringatan Dini Tentang Tsunami?

Selalu ada peringatan untuk masalah bencana alam. Namun, tsunami yang menyerang Banten sepekan lalu memang tidak mendapatkan peringatan dini dari BMKG. Karena alat yang dipunyai oleh pihak BMKG adalah alat yang bisa mendeteksi adanya gelombang tsunami akibat adanya gempa tektonik saja. Sedangkan alat penedeteksi gelombang tsunami yang diakibatkan oleh gempa vulkanik belum ada alatnya. Jadi, BMKG tidak bisa memberikan peringatan dini akan adanya gelombang tsunami tersebut.

Walaupun demikian, pihak pemerintah tentunya tidak akan lepas tangan dengan adanya masalah erupsi gunung dan tsunami ini. Apalagi pantai Anyer, Banten ini telah ditimpa gelombang tsunami yang memakan cukup banyak korban. Ada banyak bangunan yang rusak dan tentunya korban jiwa yang tidak bisa diselamatkan.

Bagaimana Menanggapi Berita Simpang Siur Terkait Bencana Alam Ini?

Walaupun mungkin ini merupakan berita duka yang akan membaut banyak pihak bersedih, tapi kali ini abang ingin kita melakukan hal terbaik. Dimana, kita harus tetap melakukan hal penting untuk mengantisipasi dan menanggapi banyaknya berita yang simpang siur. Biasanya, memang peringatan dini dari BMKG yang menjadi patokan.

Namun, karena keterbatasan alat, jadi kita harus tetap waspada dan berhati-hati dengan adanya becana alam. Kemungkinan terburung bisa saja kembali melanda. Hanya saja, sebagai pertimbangan, abang juga ingin menyampaikan bahwasanya kita harus tetap waspada. Apalagi jika kita merupakan warga yang daerahnya berada di pinggiran pantai. Usahakan untuk selalu bisa melihat keadaan alam sekitar.

Karena, tetap waspa dan berhati-hati tidak buruk untuk menjaga keluarga dan siapapun yang kita kasihi. Jika misanya ada peringatan terbaru dari badan pemerintahan terkait bencana alam, maka harus bergerak cepat, tangkas dan tidak selalu mepertanyakan atau abhkan menyalahkan sesuatu. Lakukan hal yang terbaik, seperti mengungsi ke tempat yang lebih aman jika diperlukan.

Jangan lupa untuk selalu terhubung dan memberikan kabar terkini kepada sanak maupun saudara agar bisa saling mengingatkan dan mengabari. Jangan lupa untuk selalu emmantau pergerakan ombak, angin dan melihat kondisi sekitar. Jangan lupa juga untuk selalu memantau himbauan apapun yang diberikan secara resmi oleh pihak pemerintah. Jangan mudah terhasut akan penyebaran berita bohong yang tidak memiliki sumber yang jelas. Demikian tips dan cara yang baik untuk menanggapi simpang siurnya berita tentang bencana alam yang tengah melanda Indonesia di penghujung tahun ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here