Kebiasaan Terbaik Untuk Tetap Sehat Tanpa Obesitas Bagi Si Penggila Makan

Kebiasaan terbaik untuk tetap sehat tanpa obesitas bagi si penggila makan yang sangat sulit untuk mengontrol nafsu makan yang biasanya cenderung lebih besar dan beresiko bagi kesehatan tubuh.

0
180
Kebiasaan Terbaik Untuk Tetap Sehat Tanpa Obesitas Bagi Si Penggila Makan
Kebiasaan Terbaik Untuk Tetap Sehat Tanpa Obesitas Bagi Si Penggila Makan

abang.ID – Tidak semua orang bisa melakukan pola hidup sehat dengan baik. Abang tahu, ada banyak jenis orang yang kesulitan dalam menjalani pola hidup sehat. Apalagi, bagi kamu yang hobi makan. Si penggila makanan ini akan dihantui banyak masalah kesehatan. Mulai dari obesitas, sistem sirkulasi bermasalah hingga masalah jantung.

Karena, tidak semua makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari baik untuk kesehatan. Tapi, jangan khawatir terlebih dahulu, abang punya rahasia ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. walaupun kamu adalah sang penggila makanan sekalipun, kamu tetap bisa hidup sehat dengan tips rahasia berikut ini.

1. Gunakan Porsi Kecil

Jangan terlalu sering memakan makanan dalam porsi besar. Cobalah untuk selalu membiasakan makan dengan porsi yang kecil. Misalnya mengganti ukuran piring makan kamu. Kan kebayang tuh, makan di pring besar masih belum penuh pastinya bakal menggoda untuk nambah makanan lagi kan? Nah, cobalah mulai dari sekarang gunakan pring yang kecil. Jadi, porsi yang terlihat sangat berbeda.

2. Batasi Gula

Gula tidak hanya akan membuat tubuh menjadi kian gemuk. Gula juga bisa menyebabkan penyakit diabetes yang akan memberikan banyak gejala yang tidak menyenangkan. Misalnya saja ruam, gatal-gatal dan bahkan ujung jari menjadi mengeras dan menghitam. Biasanya, ini akan muncul ketika kadar insulin di dalam tubuh menjadi lebih tinggi daripada biasanya. Jangan salah ya, gula tidak hanya berbentuk gula saja, ini ada di dalam makanan manis. Seperti permen, coklat, kue, bahkan di minuman dan makanan yang menggunakan perasa buatan.

3. Cukupi Waktu Tidur

Tidur yang disarankan disini adalah tidur di malam hari. Karena abang rasa, banyak yang bakalan salah kaprah dengan waktu tidur tersebut. ya, ada sebagian yang akan menggunakan pagi dan siang hari sebagai waktu untuk beristirahat tidur. Padahal, waktu tidur yang diperlukan adalah 6-7 jam sehari tapi untuk malam hari. Jadi, sekali lagi abang tekankan, jangan menggantinya di pagi atau bahkan di siang hari. Cukupi waktu tersebut pada malam hari.

4. Perbanyak Protein

Protein memiliki fungsi yang banyak di dalam tubuh kita. Kita memerlukan protein agar bisa menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Dan protein ini juga yang nantinya membentuk massa otot yang akan menggantikan tumpukan lemak. Protein ini juga yang akan mempercepat penyembuhan luka, menguatkan kinerja otat dan banyak lagi fungsi lainnya. Jadi, coba konsumsi lebih banyak protein dalam menu harian anda.

5. Karbohidrat Terbaik

Biasanya, orang-orang akan menyarankan menurunkan asupan karbohidrat atau bahkan untuk tidak mengkonsumsi karbo sama sekali. Namun, karbohidrat tetap diperlukan oleh tubuh dalam kadar tertentu. Bagi kamu yang doyan makan, abang saranin gantikan karbohidrat yang kamu makan jadi karbo yang lebih sehat. Misalnya gandum utuh, ubi-ubian yang mengandung lebih banyak serat ketimbang nasi putih.

6. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Inilah alasan menga abang bisa memberikan tips anti obesitas bagi kamu yang doyan makan. Karena memang tubuh memerlukan kalori yang didapat dari makanan dan minuman untuk mengubahnya menjadi energi bagi aktifitas sehari-hari. Melewatkan waktu makan hanya akan membuat pencernaan menjadi melambat. Dan ini juga nantinya akan membuat banyak masalah seperti GERD, mual serta maag.

Jadi, biasakan untuk selalu melakukan tips diatas bagi kamu yang sangat doyan makan. Gantilah semua menu yang tidak baik seperti junk food, cemilan gorengan, manisan menjadi makanan yang lebih sehat. Seperti makanan yang mengandung serat, cemilan sehat yang tidak digoreng dan mengandung lemak sehat serta bebas gula tambahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here